Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Jaksel Gelar Sosialosasi Pangawasan Partisipatif

Bawaslu Jaksel Gelar Sosialosasi Pangawasan Partisipatif

Bawaslu Kota Jakarta Selatan menggelar kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif pemilihan umum serentak Tahun 2024 pada selasa, 23 Agustus 2022.

Kegiatan ini dibuka oleh Muchtar Taufiq, Ketua Bawaslu Kota Jakarta Selatan, beliau Mengajak sahabat sahabat untuk berpartisipasi dalam tahapan pendaftaran partai politik (parpol) peserta Pemilu (2024) dengan mengecek namanya terkait status keanggotaan parpol pada Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) Dengan mengecek melalui situ infopemilu.kpu.go.id.

Burhanuddin Anggota Bawaslu Provisni DKI Jakarta Koordinator Pengawasan dan Hubal dalam kesempatan ini menyampaikan informasi pendaftaran Pemilu 2024 pada 1-14 Agustus 2022, total ada 24 parpol yang dokumen pendaftarannya diterima dan dinyatakan lengkap. Ke-24 parpol tersebut masuk tahap verifikasi administrasi. Sementara 16 parpol dokumen pendaftarannya dinyatakan tidak lengkap dan tidak dapat didaftarkan sebagai peserta Pemilu 2024.

Kegiatan ini mengundang narasumber M. Anwar Ketua PC GP Ansor Jakarta Selatan Menyampaikan penyelenggara mempunyai tanggung jawab moral yang lebih besar tidak saja dalam hal penyelenggaraan pemilu tetapi juga mewujudkan pemerintahan yang demokrastis dalam rangka mencapai tujuan dan cita-cita yakni masyarakat, adil dan makmur.

Tidak hanya itu, Terselenggaranya pemilu secara demokratis menjadi dambaan setiap warga negara Indonesia. Pelaksanaan pemilu dikatakan berjalan secara demokratis apabila setiap warga negara Indonesia yang mempunyai hak pilih dapat menyalurkan pilihannya secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Setiap pemilih hanya menggunakan hak pilihnya satu kali dan mempunyai nilai yang sama, yaitu satu suara. Hal ini disampaikan oleh deny gunawan direktur Lembaga studi visi nusantara sebagai narasumber.

Kegiatan ini ditandai dengan Deklarasi bersama OKP dan Kelompok Cipayung sebagai tanda kesiapan mengawasi pemilu tahun 2024.

Penulis: Dedes Seruni