Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU JAKSEL MENGADAKAN PELATIHAN MANAJEMEN KESELAMATAN KEBAKARAN GEDUNG

BAWASLU JAKSEL MENGADAKAN PELATIHAN MANAJEMEN KESELAMATAN KEBAKARAN GEDUNG

Bawaslu Jaksel kembali mengadakan kegiatan peningkatan kapasitas SDM dan pengabdian masyarakat, kali ini berupa tatap muka secara langsung setelah sekian lama penyelenggaraan kegiatan-kegiatan dilakukan secara daring (online) ditengah kondisi pandemi covid-19.


Kegiatan berupa Pelatihan Manajemen Keselamatan Kebakaran Gedung (MKKG) pada 25 November 2020 ini diselenggarakan di Kantor Sekretariat Bawaslu Kota Administrasi Jakarta Selatan, merupakan kerja sama antara Bawaslu Jaksel dengan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta.


Pelatihan yang bertujuan meningkatkan kapasitas SDM personel Bawaslu se-DKI Jakarta dalam pemahaman MKKG dan teknik penggunaan APAR (Alat Pemadan Api Ringan) ini dihadiri juga oleh Pengelola Gedung dan Satpam Kantor serta Ketua-Ketua RT dan RW di lingkungan sekitar Kantor Sekretariat Bawaslu Jaksel.


Dalam sambutannya, Muchtar Taufiq selaku Ketua Bawaslu Jaksel menyampaikan pentingnya Bawaslu Jaksel hadir di tengah-tengah masyarakat sebagai bentuk pengabdian. Muchtar berharap peserta yang mengikuti acara ini pulang membawa ilmu untuk disebarluaskan lagi kepada keluarga dan lingkungannya.


Kemudian acara dibuka oleh Puadi, Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, yang mengapresiasi pelatihan ini karena bersinergis dengan pengelolaan kearsipan lembaga. Puadi menerangkan bahwa arsip bawaslu merupakan arsip nasional, maka dalam menjaganya menjadi prioritas, terlebih dalam menghindari terjadinya kebakaran yang berarti kehilangan arsip penting.


Tim Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta yang hadir diantaranya Puryantoro sebagai petugas penyuluh dan menjadi pemateri utama dalam pelatihan, yang dibantu oleh rekannya Fajar Maulana. Keduanya menjelaskan penyebab kebakaran dan teknik dasar penanggulangan kebakaran. Dalam simulasi, para peserta mempraktekan secara langsung cara memadamkan kebakaran api, salah satunya yang disebabkan oleh kebocoran kompor gas dan mencoba langsung APAR yang disediakan.

Dalam penutupan, Abdul Salam selaku Anggota Bawaslu Jaksel yang bertindak sebagai inisiator, sekaligus Ketua Panitia Pelaksana menyampaikan terima kasih yang sedalam-dalam kepada tamu undangan yang hadir dan berbagai pihak yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan ini sehingga berjalan dengan aman dan sukses. ***

Penulis: Dedes Seruni - Editor: Andika Permana