Lompat ke isi utama

Berita

GAYUNG BERSAMBUT MUCHTAR TEGASKAN PROPOSAL RISET PSU JAKSEL DALAM PROSES PENGUMPULAN DATA LAPANGAN

GAYUNG BERSAMBUT MUCHTAR TEGASKAN PROPOSAL RISET PSU JAKSEL DALAM PROSES PENGUMPULAN DATA LAPANGAN

Jakarta, Bawaslu Jakarta Selatan –
Kamis, 10/09/2020 Bawaslu Propinsi DKI Jakarta melaksanakan Rapat dalam kantor (RDK)

Jakarta, Bawaslu Jakarta Selatan –
Kamis, 10/09/2020 Bawaslu Propinsi DKI Jakarta melaksanakan Rapat dalam kantor (RDK) Penulisan Riset Evaluasi Pilkada Serentak Tahun 2017 dengan melibatkan Koordiv PHL Bawaslu Kab/Kota Se-Provinsi DKI Jakarta. Rapat dalam kantor ini dihadiri oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, Konsultan Riset Bpk. Achmad Fachrudin dan Pihak Kesekretariat Bawaslu DKI Jakarta.

Ketua Bawaslu DKI Jakarta M. Jufri menyatakan dalam sambutannya bahwa Riset Evaluasi Pilkada serentak tahun 2017 ini sebagai upaya melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Tahun 2017, "Bawaslu Provinsi DKI Jakarta melaksanakan evaluasi pilkada serentak dengan ikut melibatkan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi DKI Jakarta dan mengambil 10 tema menarik berkaitan dengan pengawasan pada Pilkada DKI Jakarta" Ungkap Jufri.

Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta Burhanuddin saat memimpin rapat dalam kantor (RDK) menegaskan bahwa “proposal yang sudah disusun sudah disetujui oleh konsultan nasional, meski masih ada sedikit yang diperbaiki namun pada prinsipnya penulis riset sudah bisa turun kelapangan untuk melakukan riset terhadap penyelenggaraan Pilkada DKI Jakarta Tahun 2017” tegas Burhan.

“ Riset ini juga akan didampingi oleh konsultan lokal yang akan memberi masukan terkait proposal riset yang sudah dibuat dan memberikan arahan untuk penulisan selanjutnya” tamba Burhan.

Ahmad Fachrudin sebagai Konsultan lokal menyatakan kesiapannya untuk ikut andil sebagai konsultan dalam penulisan Riset tersebut. Beliau mengungkapkan bahwa Riset Evaluasi Pilkada DKI Jakarta Tahun 2017 ini untuk memotret seluruh dinamika yang terjadi serta untuk menilai efektifitas pengawasan yang sudah dilakukan oleh pengawas pemilu dilingkungan Bawaslu Provinsi DKI Jakarta.

"Ada beberapa tema Riset yang membuat saya tertarik untuk ikut nimbrung menulis, karna memang hobi saya menulis, terlebih soal Isu Sara dan Politik Identitas yang sempat memanas di Pilgub DKI Tahun 2017 lalu. Sebetulnya saya sudah punya tulisan soal itu, mungkin teman-teman Bawaslu Kota sudah ada yang pernah berdiskusi dan membaca buku saya, namun saya harap bukan berarti buku saya satu-satu nya referensi untuk riset ini, justru saya ingin tahu hasil wawancara dan pengumpulan data teman-teman dilapangan, yang menurut saya sangat menantang dan menarik" tambah Abah (sapaan Achmad Fachrudin)

Sementara itu Muchtar Taufiq, Ketua sekaligus Koordiv PHL Bawaslu Jakarta Selatan menyambut baik atas dilaksanakannya rapat dalam kantor yang dilakukan oleh Bawaslu DKI Jakarta kali ini, Bawaslu Kota Jakarta selatan sebetulnya sudah bergerak kelapangan dengan melakukan wawancara dan pengumpulan data dilapangan sejak bulan Agustus lalu.

"Kami sudah membagi tugas untuk melakukan pengumpulan data dan wawancara dilapangan dengan mendatangi pihak-pihak terkait yang terlibat pada PSU pilgub dki jakarta, mulai dari KPU Jakarta Selatan, KPU Jakarta Pusat, KPU Jakarta Timur dan teman-teman mantan penyelenggara Adhock pilgub dki jakarta baik dari KPU maupun Panwaslu, tinggal beberapa data yang masih kita lakukan proses pengumpulan oleh tim dilapangan, mudah-mudahan maksimal akhir bulan ini data sudah siap kita olah dan susun untuk kebutuhan riset" Tegas Muchtar.

Penulis : Muhammad Dasep Nashruddin
Editor : Fathurrahman