Lompat ke isi utama

Berita

KETUA BAWASLU DKI JAKARTA, TAHAPAN PEMILU AKAN DIMULAI PADA PERTENGAHAN 2022

KETUA BAWASLU DKI JAKARTA, TAHAPAN PEMILU AKAN DIMULAI  PADA PERTENGAHAN 2022

Penulis: Putri

Selasa, 23 Maret 2021, Bawaslu Provinsi DKI Jakarta mengadakan kegiatan Pembinaan Pelaksanaan Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu. Kegiatan ini dihadiri oleh Pimpinan DKI Jakarta, Ketua, Koordiv Penyelesaian Sengketa dan 1 staf dari masing-masing Bawaslu Kota.

Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan tatacara penerimaan permohonan penyelesaian sengketa proses. Selama kegiatan berlangsung, peserta diwajibkan mematuhi protokol kesehatan dengan mamakai masker dan menjaga jarak.


Dalam pembukaan kegiatan tersebut, Muhammad Jufri, selaku Ketua Bawaslu DKI Jakarta menyampaikan bahwa tahapan pemilu akan dimulai pada pertengahan 2022 atau menurut KPU di 30 bulan sebelum pemungutan suara. Selain itu, DKI Jakarta merupakan barometer atau contoh dari beberapa wilayah Bawaslu se-Indonesia, berhubung juga karena kantor-kantor pilitik berada di Jakarta.


Di samping itu, Dr. Sofiansyah Jayaputra, M.Si. selaku narasumber pada kegiatan ini menyampaikan bahwa yang ditunggu dalam sengketa adalah permohonan atau putusan. Pimpinan bertanggung jawab penuh akan website SIPS.

contoh kasus, dahulu pernah operator di DKPP kan, namun hal tersebut tidak bisa dilakukan. Selain itu, hanya pejabat struktural yang dapat memerintahkan admin atau operator. Kemudian, perbaikan berkas permohonan sengketa adalah 3 (tiga) hari. Admin dapat merangkap sebagai operator,namun operator tidak bisa merangkap sebagai admin. Yang akan diberikan pelatihan terlebih dahulu nantinya adalah admin.