Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU JAKSEL MENGIKUTI PENINGKATAN KAPASITAS SDM YANG DIADAKAN OLEH BAWASLU PROVINSI DKI JAKARTA

BAWASLU JAKSEL MENGIKUTI PENINGKATAN KAPASITAS SDM YANG DIADAKAN OLEH BAWASLU PROVINSI DKI JAKARTA

Kamis, 27 Agustus 2020, Bawaslu DKI Jakarta mengadakan webinar Peningkatan Kapasitas SDM dengan tema “Menulis Karya Ilmiah”

Kamis, 27 Agustus 2020, Bawaslu DKI Jakarta mengadakan webinar Peningkatan Kapasitas SDM dengan tema “Menulis Karya Ilmiah”. Diskusi daring ini merupakan Session 2 dengan narasumber Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Prof. Dr. Muhammad, S.IP., M.Si. Peserta diskusi daring antara lain Kasubag dan Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota se-DKI Jakarta berserta staf. Tidak lupa seluruh jajaran Pimpinan dan Staf Bawaslu Kota Administrasi Jakarta Selatan turut mengikuti webinar ini.

Dalam diskusi ini Muhammad mengatakan acara Webinar “Menulis Karya Ilmiah” ini adalah kegiatan yang dilakukan oleh orang-orang yang berintelektual tinggi, artinya orang-orang tersebut memiliki gagasan, ide, dan pemikiran yang selalu dan mengembangkan bagaimana ide tersebut akan digunakan untuk kepentingan tertentu. Gagasan itu bisa menjadi legasi bagi dirinya, masyarakat, dan generasi yang akan datang. Kita ingatkan dengan kalam Sayyidina Ali Karramallahu Wajhah berkata “apa yang di dengar itu akan hilang, sementara apa yang dicatat itu akan abadi,” artinya apabila kita hanya mengandalkan pendengaran tanpa kita catat, memori dan pendengaran punya periode yang tidak bisa bertahan lama. Namun, apabila gagasan itu dicatat dan disusun kembali dengan rapi, gagasan tersebut akan dapat abadi dan bernilai tinggi.

Dalam membuat karya ilmiah, sebelum kita menentukan judul, yang harus diidentifikasi pertama kali adalah isu atau masalah. Melalui isu atau masalah tersebut, penulis karya ilmiah dapat melahirkan seribu judul. Penulisan sebaiknya jangan diawali dengan judul karna secara sadar atau tidak akan ter-frame oleh judul itu sendiri sehingga kekayaan imajinasi intelektual terbatasi oleh judul tersebut. Dalam hal ini mengindentifikasi isu atau masalah dapat membantu penulis ilmiah merangkai tulisan secara terstruktur.

Webinar ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas Bawaslu dalam membuat karya-karya ilmiah yang dapat dinikmati oleh akademisi dan masyarakat luas. Selain itu, dengan adanya webinar ini Bawaslu Kabupaten/Kota se-DKI Jakarta khususnya Bawaslu Jaksel dapat memeroleh ilmu yang bermanfaat agar dapat diterapkan dalam pembuatan riset ilmiah yang telah diinstruksikan oleh Bawaslu RI.

Penulis            : Fadhlil Wafi

Editor             : Vito Dixit Putra