Lompat ke isi utama

Berita

Hadapi Pilkada, Puluhan Anggota Panwascam Jakarta Selatan Dilantik

dhadhadhadad

Jakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Selatan melaksanakan pelantikan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Se-Jakarta Selatan. Sebanyak 30 anggota Panwascam dilantik terdiri dari 13 anggota panwascam lama (existing) dan 17 anggota panwascam baru. 
 

Acara pelantikan tersebut dirangkai dengan pembekalan anggota Bawaslu Kota Jakarta Selatan dan beberapa anggota bawaslu periode sebelumnya. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kesiapan dan kompetensi Panwascam dalam menjalankan tugas pengawasan pemilihan di tingkat kecamatan.

"Kegiatan pelantikan untuk memperkuat kinerja dari panwascam yang baru saja dilantik. Tentu diharapkan segera mengimplementasikan hasil pembelajaran materi disini," kata Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) Bawaslu Jakarta Selatan Asyari, Jumat (24/5/2024).

Asyari menjelaskan materi pembekalan yang diberikan antara lain, tata lembaga dan tata kerja Bawaslu, pengawasan pemutahiran data pemillih, prosedur penanganan pelanggaran. Serta penyelesaian wengketa acara cepat, pengawasan verifikasi administrasi dan verifikasi fakfual dukungan pasangan calon perseorangan pilkada.

"Anggota panwascam segera belajar dan menyesuaikan diri dengan pola kerja bawaslu. Alasannya karena akan segera menghadapi tahapan pemilihan kepala daerah," katanya.

Sementara kepada anggota panwascam existing agar mentransformasi efek dan nilai positif kepada yang lain. Kegiatan pelantikan ini dihadiri juga oleh anggota Bawaslu Provinsi DKJ, dan Forum Komunikasi Pimpinan Kota (FORKOPIMKO) Jakarta Selatan.