Lompat ke isi utama

Berita

Mengasah Teknik Penulisan Berita Jelang Dimulainya Tahapan Pemilu 2024

Mengasah Teknik Penulisan Berita Jelang Dimulainya Tahapan Pemilu 2024

Jakarta Pusat (Bawaslu) : Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Administrasi Jakarta Selatan turut serta menghadiri kegiatan Pengelolaan Kehumasan, Peliputan dan Dokumentasi dengan sub tema “Teknik Penulisan Berita Terkait Pengawasan Pemilu dan Demokrasi” yang digelar oleh Bawaslu Jakarta Pusat di The Acacia Hotel & Resort, Jakarta Pusat, Selasa 7 Juni 2022.

“Salah satu yang menjadi fungsi Humas yaitu meningkatkan citra dan reputasi di masing-masing lembaga, oleh sebab itu dalam kesempatan kali ini kita semua akan sama-sama belajar mengenai teknik menulis berita yang baik sehingga cara penyampaian isi berita nya menjadi menarik”, kata Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, Siti Khofifah, saat membuka kegiatan Pengelolaan Kehumasan, Peliputan dan Dokumentasi yang dihadiri diantaranya, Ketua dan Anggota Bawaslu Jakarta Pusat, Koordinator Sekretariat (Korsek) dan Bendahara Bawaslu Jakarta Pusat, Staf Teknis Divisi Humas Bawaslu Provinsi DKI Jakarta dan Kabupaten/Kota se-Provinsi DKI Jakarta, Staf Bawaslu Jakarta Pusat dan Siswa/i PKL SMKN 14 Jakarta Pusat.

Sebagai narasumber dalam kegiatan ini, Hasriwal AS Hasibuan, menjelaskan mengenai metode rumus ‘sakti’ dalam menulis yang membuat persepsi menulis akan menjadi mudah, yaitu 5W 1H plus Piramida Terbalik. Keenam unsur berita (5W 1H) ini lalu disusun dengan mengacu pada format pemberitaan yang dikenal dengan istilah Piramida Terbalik (Inverted Pyramid), yakni mengedepankan unsur terpenting dalam peristiwa.

Diakhir materinya, Hasriwal mengajak semua peserta dalam kegiatan ini untuk langsung mempraktikkan menulis contoh berita sebagai bentuk latihan. Dia berpendapat untuk menulis berita yang baik dan menarik itu tergantung dari bagaimana si penulis menentukan angle tulisannya.

Materi ini akan sangat membantu memudahkan pembuatan berita dalam rangka mendukung kerja-kerja kehumasan Bawaslu menjelang tahapan Pemilu 2024. (Dika)