Lompat ke isi utama

Berita

PERAN ORGANISASI PADA INSTITUSI BAWASLU

PERAN ORGANISASI PADA INSTITUSI BAWASLU

Selasa, 25 Agustus 2020 Bawaslu Provinsi DKI Jakarta dengan program Pojok Ncang Waslu-nya kembali melaksanakan Serial Kelembagaan dengan tema “Mengenal Lebih Dekat Divisi Organisasi”

Selasa, 25 Agustus 2020 Bawaslu Provinsi DKI Jakarta dengan program Pojok Ncang Waslu-nya kembali melaksanakan Serial Kelembagaan dengan tema “Mengenal Lebih Dekat Divisi Organisasi”. Diskusi daring ini merupakan seri yang ke-7 (tujuh) dengan narasumber Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta Irwan Supriadi Rambe. Peserta diskusi daring antara lain Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota se-DKI Jakarta berserta staf. Dalam hal ini seluruh jajaran Pimpinan dan Staf Bawaslu Kota Administrasi Jakarta Selatan juga mengikuti diskusi daring yang diadakan hari selasa di setiap minggunya.

Dalam diskusi ini Irwan mengatakan institusi sangat memengaruhi organisasi dan perubahan organisasi akan ikut merubah institusi. Peran institusi sebagai rule of the game terhadap sebuah organisasi akan turut memberikan warna terhadap perjalanan organisasi itu sendiri. Di sisi lain, organisasi sebagai pemeran atau player akan memberikan dampak langsung terhadap institusi itu sendiri. Oleh karena itu peran sebuah organisasi sangatlah penting dalam menjalankan suatu agar institusi tersebut dapat mencapai tujuan yang ingin sudah ditargetkan.

Divisi Organisasi pada Bawaslu sendiri bertugas untuk melakukan koordinasi atas perancanaan dan penyusunan kebijakan serta penyusunan anggaran dalam penyelenggaraan pengawasan dan penyelenggaraan pemilihan berserta tata laksana dalam kesekretariatan. Selain itu, Divisi Organisasi yang ada pada tingkat provinsi juga membuat sosialisasi dan peningkatan kapasitas (capacity building) di bidang organisasi Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten/Kota, Panwaslu Kecamatan/Panwas kecamatan, Panwaslu Kelurahan/Desa/PPL, dan Pengawas TPS Pemantau dan evaluasi, dan Penyiapan laporan tahapan Pemilu dan Pemilihan, laporan tahunan, dan laporan akhir Divisi Organisasi.

Penulis : Fadhlil Wafi

Editor  : Vito Dixit Putra