Lompat ke isi utama

Berita

Semakin Nyata, Kerjasama Bawaslu Jakarta Selatan dengan UPN “Veteran” Jakarta

Semakin Nyata, Kerjasama Bawaslu Jakarta Selatan dengan UPN “Veteran” Jakarta

Pada kamis (19/01/23) di Ruang Rapat Dekanat FISIP UPN “Veteran” Jakarta berlangsung penandatangan perjanjian kerjasama antara Bawaslu Kota Jakarta Selatan dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN Veteran Jakarta. Hal ini menandakan hubungan yang semakin erat antara kedua institusi yang sama-sama berkomitmen dalam pengembangan program pendidikan politik terkhusus terkait kepemiluan dan pengawasan Pemilu.


Kampus yang mengemban tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi, dalam aktualisasinya meluaskan jangkauannya ke lembaga-lembaga yang terkait dengan program studi yang dikembangkannya, melalui kegiatan pendidikan dan pengajaran misalnya mengundang dosen praktisi, dan juga dapat dilakukan dengan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat serta kegiatan magang atau intership mahasiswa. Hal ini disampaikan Dekan FISIP UPN “Veteran” Jakarta, Kusumajanti, sebelum prosesi penandatangan MoU.


“Perjanjian kerjasama ini adalah turunan dari nota kesepahaman (MoU) yang sudah ditandatangani oleh Bawaslu Provinsi DKI Jakarta dengan FISIP UPN Veteran Jakarta pada 25 Juli 2022 tahun lalu," imbuh Bu Yanti sapaan Dekan FISIP UPN Veteran Jakarta itu.


Hal ini tentunya disambut baik oleh Bawaslu Kota Jakarta Selatan yang dalam kesempatan ini dihadiri oleh Ardhana Ulfa Azis pengampu Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat. “Kami berharap dengan kerjasama ini kita dapat mencapai tujuan dari masing-masing lembaga, kami dari Bawaslu tentunya menginginkan program yang bisa menguatkan sosialisasi pengawasan partisipatif, mengajak mahasiswa dan dosen-dosen ikut mensosialisasikan pengawasan Pemilu terlebih pemilu 2024 yang sangat kompleks persoalannya tidak hanya kepada khalayak kampus tetapi juga khalayak di luar kampus," papar Ardhana.


Di hadapan para civitas akademika FISIP UPN “Veteran” Jakarta dilakukan penandatanganan Perjanjian kerjasama dan dilanjutkan dengan penandatangan Implementation Agreement antara Bawaslu Kota Jakarta Selatan dengan Ketua Program Studi Ilmu Politik FISIP UPN, Restu Rahmawati, sebagai tindak lanjut dari MoU dan Kerjasama. Bentuk kegiatan kerjasama keduanya diantaranya adalah program mahasiswa magang di Bawaslu Jakarta Selatan dan kuliah tamu dari Bawaslu Jakarta Selatan, serta rancangan kegiatan lainnya yang menguatkan tujuan dari kedua lembaga.