Lompat ke isi utama

Berita

Untuk Daftar Pemilih Yang Berkualitas, Tanpa Banyak Masalah, Bawaslu Kota Jakarta Selatan Melakukan Pengawasan Melekat

vfssgdhdh

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Jakarta Selatan melkaukan pengawasan pada pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih yang dikerjakan petugas pemutakhiran daftar pemilih untuk Pemilihan (Pilkada) tahun 2024.

“Di tahapan ini kami melakukan ke pengawasan coklit,” kata Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kota jakarta Selatan Ahmad Fahlevi, Rabu (10/7/2024).

Ia mengatakan, Bawaslu Kota jakarta Selatan juga mengerahkan semua jajarannya untuk melakukan pengawasan melekat.

"Kami instruksikan pengawasan melekat kepada seluruh jajaran  Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa mengawasi proses coklit melekat," ujarnya.

Ia menambahkan strategi pengawasan Bawaslu Kota Jakarta Selatan dalam pengawasan coklit, adalah dengan melakukan uji petik sebanyak sepuluh kartu Keluarga (KK) per hari hasil coklit dari petugas. Uji petik akan dimulai tanggal 24 Juni 2024 hingga 19 Juli 2024.

"Untuk daftar pemilih yang berkualitas, tanpa banyak masalah. Kami selain pengawasan melekat juga lakukan uji petik," terangnya.

Pengawasan melekat menurutnya adalah agar tahapan dilaksanakan sesuai peraturan.

"Ini tujuannya untuk memastikan Pantarlih bekerja sesuai ketentuan peraturan yang berlaku. Sedangkan uji petik untuk memastikan bahwa semua warga jakarta Selatan yang memenuhi syarat sebagai pemilih betul-betul sudah didatangi Pantarlih dan dicoklit. Serta masuk dalam daftar pemilih", tambahnya.