Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU JAKARTA SELATAN AJAK PEGIAT BUDAYA BETAWI DALAM PENGAWASAN PEMILU

BAWASLU JAKARTA SELATAN AJAK PEGIAT BUDAYA BETAWI DALAM PENGAWASAN PEMILU

Program Pengembangan Pengawasan Partisipatif Melalui Sarana Kebudayaan di hotel Ambhara, Blok M, Jakarta Selatan, pada 30 November 2019.

Bawaslu Jakarta Selatan

Pemilihan umum (Pemilu) berkualitas mesti didukung semua pihak. Baik pihak penyelenggara, pengawas, hingga pelibatan masayarakat dalam pengawasan penyelenggaran pemilihan umum yang berbasis pada pencegahan, penindakan dan partisipatif.

Menyadari pentingnya masayarakat dalam Pemilu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Selatan menggelar acara bertajuk Program Pengembangan Pengawasan Partisipatif Melalui Sarana Kebudayaan di hotel Ambhara, Blok M, Jakarta Selatan, pada 30 November 2019.

Hadir pada kesempatan itu Puadi, Koordinator Penindakan Pelanggaran Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, dalam hal ini mewakili
Ketua Bawaslu Provinsi DKI Jakarta Mohamad Jufri.Hadir pula dalam acara itu, Muchtar Taufiq, Ketua Bawaslu Jakarta Selatan, beserta jajaran Bawaslu Jakarta Selatan.

Sebagai narasumber dalam acara ini adalah Yahya Andi Saputra, budayawan Betawi sekaligus Ketua Bidang Litbang Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) Sedangkan peserta yang mengikuti gelaran ini terdiri dari sanggar-sanggar Betawi, Bamus Betawi, LKB, media, dan lainnya.

Puadi membuka acara bersama Muchtar Taufiq dengan memukul rebana ketimpring Betawi. "Bersama rakyat, awasi Pemilu. Bersama Bawaslu Tegakkan keadilan Pemilu. Pegiat budaya dapat terlibat dalam pengawasan partisipatif dalam Pemilu," ungkap Puadi. Abdul Salam, anggota Bawaslu Jakarta Selatan menambahkan, "Pegiat seni budaya Betawi dalam pertunjukan dapat menyisipkan pesan agar masayarakat mau aktif menjadi bagian pengawasan Pemilu."

Yahya Andi Saputra sebagai narasumber dalam acara ini memaparkan peran dari cerita rakyat Betawi yang dapat menjadi sarana edukasi buat tegaknya keadilan dan kebenaran.Yahya juga menjelaskan tentang filosofi dari gigi balang yang menekankan hubungan manusia dengan makhluk lainnya, alam sekitar dan Sang Maha Pencipta. .

Selain diisi dengan pemaparan mengenai seluk belum budaya Betawi, acara juga diisi dengan palang pintu dari sanggar Si Pitung Rawa Belong, tari Betawi oleh sanggar Firman Muntaco, dan penampilan dari sanggar Ruang pimpinan Beryl Gondrong.

Yuk, dukung Bawaslu demi Pemilu jurdil. Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Teggakan Keadilan Pemilu. (Rachmad Sadeli)
.
https://www.majalahbetawi.com/2019/12/bawaslu-jakarta-selatan-ajak-pegiat.html