Lompat ke isi utama

Berita

Penguatan Kapasitas Pengawas pada Pemilihan Serentak Tahun 2024

hfhfhfhfhfh

Jakarta Selatan – Anggota Bawaslu Jakarta Selatan, Asyari menekankan pentingnya pemahaman terhadap tugas pokok dan fungsi pengawas pemilihan. Hal tersebut dia sampaikan saat membuka kegiatan Penguatan Kapasitas bagi Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) di Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan yang digelar pada kamis (08/08/2024).

“Penting bagi kita untuk memperkuat solidaritas, integritas, mentalitas, dan profesionalitas. Ini adalah fondasi yang harus kita bangun bersama untuk memastikan bahwa proses Pemilihan berjalan dengan baik dan adil,” tutupnya.

Selain itu PKD wajib memahami tugas pokok dan fungsi pengawas Pemilihan yang meliputi tiga aspek, yaitu cegah, awasi, dan tindak. Cegah berarti upaya mencegah terjadinya pelanggaran dalam proses pemilihan. Awasi merupakan proses pengamatan dan pemantauan secara intensif terhadap seluruh tahapan pemilihan serentak tahun 2024.

Penguatan kapasitas untuk Pengawas Kalurahan/Desa  ini juga dihadiri oleh seluruh anggota panwascam Pasar Minggu dan Koordinator Sekretariat, seluruh staf panwascam Pasar minggu, serta dari unsur panitia pemilihan kecamatan (PPK) Pasar Minggu.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengawasan di wilayah Kecamatan Pasar Minggu guna memastikan setiap tahapan pemilihan berjalan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku, dan saat Pemutakhiran data pemilih yang saat ini masih berjalan dapat menampilkan daftar pemilih yang lebih akurat,” ungkap Yayan.

“Harapan nya dengan penguatan kapasitas ini, PKD dapat menjalankan tugas nya dengan lebih baik, bisa bekerjasama dengan teman teman, PPK dan PPS , dan berkontribusi terhadap kesuksesan pilkada di DKI Jakarta tahun 2024,” tutup Yayan (Ketua Panwaslu kecamatan Pasar Minggu)